Friday, 24 April 2015

Dalil tahlilan Jumlah Hari 3, 7, 25, 40, 100, 360 (setahun) & 1000 haridari kitab ahlusunnah (bukan kitab dr agama hindu)

DALIL-DALIL HARI TAHLILAN


Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Dalil tahlilan Jumlah Hari 3, 7, 25, 40, 100, 360 (setahun) & 1000 haridari kitab ahlusunnah (bukan kitab dr agama hindu)
قال النبيصلى الله عليه وسلم الدعاء والصدقة هدية إلى الموتى
وقال عمر: الصدقة بعد الدفنى ثوابها إلى ثلاثة أيام والصدقة فى ثلاثة أيام يبقى ثوابها إلىسبعة أيام والصدقة يوم السابع يبقى ثوابها إلى خمس وعشرين يوما ومن الخمس وعشرينإلى أربعين يوما ومن الأربعين إلى مائة ومن المائة إلى سنة ومن السنة إلى ألف عام
Rasulullah saw bersabda: "Doa dan shodaqoh yg dihadiahkan kepadamayyit."

Berakata Umar : "shodaqoh setelah kematian maka pahalanya sampai tiga haridan shodaqoh dalam tiga hari akan tetap kekal pahalanya sampai tujuh hari, danshodaqoh tujuh hari akan kekal pahalanya sampai 25 hari dan dari pahala 25 sampai40 harinya akan kekal hingga 100 hari dan dari 100 hari akan sampai kepada satutahun dan dari satu tahun sampailah kekalnya pahala itu hingga 1000 hari."

Perhatiin ntuh jumlah-jumlah harinye (3, 7, 25, 40, 100, setahun & 1000hari) jelas ade dalilnya,sejak kapan sahabat dipengaruhin agama Hindu ???

Berkumpul ngirim doa adalah bentuk shodaqoh buat mayyit.
فلمااحتضرعمر أمر صهيبا أن يصلي بالناس ثلاثة أيام ، وأمر أن يجعل للناس طعام
، فيطعموا حتى يستخلفوا إنسانا ، فلما رجعوا منالجنازة جئ بالطعام ووضعت الموائد
! فأمسكالناس عنها للحزن الذي هم فيه ، فقال العباس بن عبد المطلب : أيها الناس
إن رسولالله صلى الله عليه وسلم قد مات فأكلنا بعده وشربنا ومات أبو بكر فأكلنا 
وشربناوإنه لابد من الاجل فكلوا من هذا الطعام ، ثم مد العباس يده فأكل ومد الناس
أيديهم فأكلوا
Ketika Umar sebelum wafatnya, ia memerintahkan pada Shuhaib untuk memimpinshalat, dan memberi makan para tamu selama 3 hari hingga mereka memilihseseorang, maka ketika hidangan – hidangan ditaruhkan, orang – orang tak maumakan karena sedihnya, maka berkatalah Abbas bin Abdulmuttalib :

Wahai hadirin.. sungguh telah wafat Rasulullah saw dan kita makan dan minumsetelahnya, lalu wafat Abubakar dan kita makan dan minum sesudahnya, dan ajalitu adalah hal yang pasti, maka makanlah makanan ini..!”, lalu beliaumengulurkan tangannya dan makan, maka orang – orang pun mengulurkan tangannyamasing – masing dan makan. 

Ibnu Taymiyah Katakan sampainya pahala bacaan dzikir/al qur’an yang dihadiahkan
tentang hadiah pahala, Ibnu Taimiyah menegaskan bahwa barangsiapa mengingkari sampainya amalan orang hidup pada orang yang meninggal maka ia termasuk ahli bid’ah. Dalam Majmu’ fatawa jilid 24 halaman 306 ia menyatakan, “Para imam telah sepakat bahwa mayit bisa mendapat manfaat dari hadiah orang lain. Ini termasuk hal yang pasti diketahui dalam agama Islam, dan telah ditunjukkan dengan dalil kitab, sunnah, dan ijma’ (konsensus) ulama’. Barang siapa menentang hal tersebut, maka dia termasuk ahli bid’ah”. 

Hal senada juga diungkapkannya berulang-ulang di kitabnya, Majmu’ Fatawa, diantaranya  pada Jilid 24 hal. 324 )

Wallohu A'lam...
[Al Fawaidussyahiir Li Abi Bakar Assyafii juz 1 hal 288, Kanzul ummaal fiisunanil aqwaal wal af’al Juz 13 hal 309, Thabaqat Al Kubra Li Ibn Sa’d Juz 4hal 29, Tarikh Dimasyq juz 26 hal 373, Al Makrifah wattaarikh Juz 1 hal 110].

No comments:

Post a Comment