MEMPERTIKAIKAN AMALAN UMAT ISLAM DENGAN MENUKIL PERNYATAAN
ULAMA DARI KITAB MUKTABAR SECARA TIDAK AMANAH (iatu edit atau
menggunting-gunting kalimat) MERUPAKAN PERBUATAN KEJI DAN SANGAT TIDAK
BERAKHLAK.
SELAIN TERMASUK TELAH MENYEMBUNYIKAN KEBENARAN, JUGA
TERMASUK TELAH MEMFITNAH ULAMA YANG PERKATAANNYA TELAH MEREKA NUKIL,
MERENDAHKAN KITAB ULAMA DAN JUGA TELAH MENIPU KAUM MUSLIMIN .
DAKWAH WAHABI BENAR-BENAR PENUH KEPALSUAN DAN KEBOHONGAN.
MEMPERALATKAN NAMA IMAM SYAFIE UNTUK MENJATUHKAN AMALAN TAHLIL. SUNGGUH MEREKA
INI AMAT KEJI JUGA DENGKI.
Kitab I’anatuth Thalibin (إعانة الطالبين) adalah kitab
Fiqh karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh Al-Imam Abi Bakr Ibnu As-Sayyid Muhammad
Syatha Ad-Dimyatiy Asy-Syafi’i, yang merupakan syarah dari kitab Fathul Mu’in,
Kitab ini sangat masyhur dikalangan masyarakat Nusantara dan juga salah satu
kitab yang menjadi rujukan pengikut madzhab Syafi’iyyah dalam ilmu Fiqh
diseluruh dunia. Namun, sayang, ada sebagain kecil kalangan yang tidak
bermadzhab Syafi’i (anti Madzhab), mengaku pengikut salaf, mengambil secara
tebuk-tebuk isi kitab ini untuk mengharamkan Tahlil yang merupakan amalan sudah
masyhur dikalangan pengikut madzhab Syafi’i. Bukannya berdakwah secara benar
namun yang mereka lakukan, malah menunjukkan kedengkian hati mereka dan ketidak
jujuran mereka dalam menukil perkataan ulama. Ini hanya salah satu kitab yang
kami cuba luruskan dari nukilan TIDAK JUJUR yang telah mereka lakukan. Masih
banyak lagi kitab Ulama yang di-edit dan disalahertikan maknanya oleh mereka,
seperti kitab Al-Umm (Imam Syafi’i), Al-Majmu’ Syarah Muhadzab Imam An-Nawawi,
Mughni al-Muhtaaj ilaa Ma’rifati Ma’aaniy Alfaadz Al Minhaj, dan kitab-kitab
ulama lainnya.
*PEMBAHASAN
WAHABI MENDAKWA :
WAHABI MENDAKWA :
“Dan tidak ada keraguan sedikitpun, bahawa mencegah umat
dari bid’ah munkarat ini adalah menghidupkan Sunnah Nabi SAW , mematikan
BID’AH, membuka seluas-luasnya pintu kebaikan dan menutup serapat-rapatnya
pintu-pintu keburukan, kerana orang-orang memaksa-maksa diri mereka berbuat
hal-hal yang akan membawa kepada hal yang diharamkan. (I’anatut Thalibin, Sarah
Fathul Mu’in, Juz 2 hal. 145-146).
AHLUS SUNNAH WAL JAMAAH MENJAWAB :
Terjemahan mereka : “Dan tidak ada keraguan sedikitpun,
bahawa mencegah umat dari bid’ah munkarat ini adalah menghidupkan Sunnah Nabi
SAW , mematikan BID’AH, membuka seluas-luasnya pintu kebaikan dan menutup
serapat-rapatnya pintu-pintu keburukan, kerana orang-orang memaksa-maksa diri
mereka berbuat hal-hal yang akan membawa kepada hal yang diharamkan. (I’anatut
Thalibin, Sarah Fathul Mu’in, Juz 2 hal. 145-146)
Kalimat diatas sebenarnya masih berkaitan dengan kalimat
sebelumnya, oleh kerana itu harus difahami secara keseluruhan.
~Berikut ini adalah kelanjutan dari kalimat pada point
ke-4 :
. وقد قال رسول الله (ص) لبلال بن الحرث رضي الله عنه: يا بلال من أحيا سنة من سنتي قد أميتت من بعدي، كان له من الاجر مثل من عمل بها، لا ينقص من أجورهم شيئا. ومن ابتدع بدعة ضلالة لا يرضاها الله ورسوله، كان عليه مثل من عمل بها، لا ينقص من أوزارهم شيئا. وقال (ص): إن هذا الخير خزائن، لتلك الخزائن مفاتيح، فطوبى لعبد جعله الله مفتاحا للخير، مغلاقا للشر. وويل لعبد جعله الله مفتاحا للشر، مغلاقا للخير.
“Dan sungguh Rasulullah bersabda kepada Bilal bin Harits (رضي الله عنه) : “wahai Bilal, barangsiapa yang
menghidupkan sunnah dari sunnahku setelah dimatikan sesudahku, maka baginya
pahala seperti (pahala) orang yang mengamalkannya, tidak dikurangi sedikitpun
dari pahala mereka (orang yang mengamalkan) dan barangsiapa yang mengada-adakan
(membuat) bid’ah dhalalah dimana ALLAH dan Rasul-Nya tidak akan redha, maka
baginya (dosa) sebagaimana orang yang mengamalkannya dan tidak dikurangi
sedikitpun dari dosa mereka”. dan Nabi bersabda ; “Sesungguhnya kebaikan (الخير) itu memiliki khazanah-khazanah, khazanah-khazanah itu ada
kunci-kuncinya (pembukanya), Maka berbahagialah bagi hamba yang telah ALLAH
jadikan pada dirinya pembuka untuk kebaikan dan pengunci keburukan. Maka,
celakalah bagi hamba yang telah ALLAH jadikan pada dirinya pembuka keburukan
dan pengunci kebaikan”
ولا شك أن منع الناس من هذه البدعة المنكرة فيه إحياء للسنة، وإماته للبدعة، وفتح لكثير من أبواب الخير، وغلق لكثير من أبواب الشر، فإن الناس يتكلفون تكلفا كثيرا، يؤدي إلى أن يكون ذلك الصنع محرما. والله سبحانه وتعالى أعلم.
“dan tidak ada keraguan bahawa mencegah manusia dari
bid’ah Munkarah ini, padanya termasuk menghidupkan as-Sunnah, dan mematikan
bagi bid’ah, dan membuka pada banyak pintu kebaikan, dan mengunci kebayakan
pintu keburukan.. Maka jika manusia membebani (dirinya) dengan beban yang
banyak, itu hanya akan mengantarkan mereka kepada perkara yang diharamkan.”
Jika hanya membaca sepintas nukilan dari Wahabi, akan
terkesan seolah-olah adanya pelarangan bahawa berkumpulnya manusia dan makan
hidangan di tempat ahli (keluarga) mayat adalah diharamkan sebagaimana yang
telah mereka nukil secara tidak jujur dipoint-4 atau bahkan ketidak jelasan
mengenai bid’ah Munkarah yang dimaksud, padahal pada kalimat sebelumnya (lihat
point-4) sudah dijelaskan dan status hukumnya adalah Makruh, namun memang boleh
membawa kepada perkara yang haram jika membebani dengan beban yang banyak (تكلفا كثيرا) sebagaimana dijelaskan pada
akhir-akhir point ke-5 ini dan juga pada point-4 yaitu jika (dibiayai) dari
harta yang terlarang , atau dari (harta) mayat yang memiliki (tanggungan)
hutang atau (dari harta) yang boleh menimbulkan bahaya atasnya.
PENUTUP
Demikian apa yang boleh kami sampaikan sedikit ini untuk
membetulkan nukil-nukilan TIDAK JUJUR dari “pendakwah WAHABI” yang KONONNnya
“pengikut salaf” namun sayang sekali prilaku mereka sangat BERTENTANGAN dengan
prilaku salaf bahkan lebih buruk. Kami menghimbau agar jangan terlalu
percaya dengan nukilan-nukilan WAHABI. Mereka tu BODOH tapi konpiden. Sebaiknya
menyemak sendiri atau tanyakan pada ulama atau ustadz agar tidak menjadi
korban internet dan korban penipuan mereka. Masih banyak kitab ulama lainnya
yang mereka menyelewengkan maksudnya. Maka berhati-hatilah, demikian dulu,
WALLAHu a’lam bis showab..
No comments:
Post a Comment